FUNGSI DAN KEUTAMAAN ILMU TASAWUF.

FUNGSI DAN KEUTAMAAN ILMU TASAWUF.

I. ILMU TASSAWUF.Adalah ilmu yang denganya anda belajar bagaimana berperilaku supaya berada dalam kehadliran ALLOH Yang maha ada, melalui penyucian batin dan mempermanisnya dengan amal baik.

Berbagai pendapat mengenai penamaan TASSAWUF sebagai berikut :

Tassawuf berasal dari kata SHUFAH ( sehelai bulu ).Tassawuf berasal daru shufa AL Qafa ( sehelai bulu dipunggung).Tassawuf berasal dari kata SIFAH ( ke indahan ).Tassafuf berasal dari kata SHAFAH ,bersih atau jernih.Tassawuf berasal dari kata SHUFFAH ( koridor).

Selanjutnya berbgai pendapat mengenai definisi tassawuf kami kemukakan sebagai berikut :

Tassawuf : ialah hendaknya keadaanmu beserta ALLOH tanpa ada perantara.

Tassawuf adalah mencari hakekat dan meninggalkan dari segalasesuatu   yang  ada pada tangan makhluq.

Tassawuf adalah tidak payah karena mencari dan tidak susah musnahnya milik.

Suffi adalah orang yang bersih dari kotoran dan penuh pemikiran dan hanya memusatkan pada ALLOH semata tanpa manusia, dan sama baginya harta benda dengan tanah liat.

Tassawuf adalah membersihkan jiwa dari pengaruh benda atau alam supaya dia mudah menuju kepada ALLOH.

Dari beberapa difinisi tersebut dapat disimpulkan :pada dasarnya Tassawuf adalah laku mendekatkan diri dari hamba kepada TUHANnya,dengan cara mensucikan diri melalui ibadah ibadah, meninggalkan sifat tercela dan menghiasi dengan sifat terpuji,sehingga mendapatkan kedudukan yang mulia disisi ALLOH.

II.SUMBER TASAWUF.

Dalam kitab Perkembangan Tassawuf Dari Abad ke Abad Prof.DR.HAMKA menyimpulkan:”Tassawuf islam tumbuh sejak tumbuhnya agama islam itu sendiri.Bertumbuh didalam jiwa Kanjeng Nabi Besar Muhammad SAW.

Ilmu Tassawuf bersumber dari Al Qur’an, Sunnah, Ilham orang orang salih dan riwayat dari para ‘arif.

Beberapa ayat Al Qur’an sebagi landasan Tassawuf sebagai berikut :

1.Qur’an 3 ;Surat Al Imron 31

Katakanlah ; Jika kamu mencintai ALLOH, ikutilah aku,niscaya ALLOH mencintaimu dan mengampuni dosa dosamu ALLOH maha pengampun maha penyayang.”

2.Al Qur’an 33:Al Ahzab :41 – 42

“Hai orang orang beriman berdzikirlah ( dengan menyebut nama ALLOH ),dzikir sebanyak sebanyaknya, dan bertasbihlah kepadaNYA diwaktu pagi dan petang.”

3.Al Qur’an 2:Al Baqoroh ;186

“ Dan apabila hambaku hambaku bertanya kepadamu tentang AKU maka ( jawablah ),AKU adalah dekat.AKU mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdo’a kepadaKU.Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintahku ) dan hendaklah mereka beriman kepadaKU, agarmereka memperoleh kebenaran “.

4.Al Qur’an2:Albaqoroh ;115

“ Timur dan barat adalah kepunyaan ALLOH, kemana saja kamu berpaling disitu ada wajah ALLOH sungguh.Alloh maha luas maha mengetahui “.

5.AlQur’an 50: Qof: 16

“ Dan sesungguhnya KAMI telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikan oleh hatinya,dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat lehernya .“

III.KEGUNAAN TASSAWUF.

Buah yang diharapkan dari laku TASSAWUF adalah jiwa yang dermawan, hati yang tenang, dan pekerti yang baik kepada semua makluk. Dan Tassawuf dapat digunakan sebagai sarana untuk mendidik hati dan mengetahui alam gaib menuju buahnya tersebut diatas.Ilmu Tassawuf tidak berbicara tentang ungkapan lisan, melainkan tentang perasaan dan emosi. Ilmu ini tidak bisa dipelajari dari lembar kertas, melainkan diambil dari para ahli Rasa. Imu ini tidak  bisa diperoleh dengan banyak ceritera, melainkan dengan melayani para guru dan menyertai para ahli kesempurnaan ( ahlulu Kamal)

Ilmu Tasawuf merupakan penyempurna dan syarat bagi semua ilmu lain, karena tidak ada satupun ilmu dan perbuatan kecuali bertujuan menghadap diri kepada ALLOH, dan ikhlas merupakan syarat dalam segala urusan.Syech As Sayuthi berkata :Ilmu Tassawuf menjadi penyempurna dan memperindah bagi ilmu ilmu lain,hubungan ilmu tassawuf dengan ilmu lain seperti hubungan ilmu bayan dan nahwu atau menurut Syech Zaruq ; seperti ruh dan jasad.

IV. KEUTAMAKAN DAN HUKUM MEMPELAJARI TASSAWUF.Esesnsi utama dari tassawuf adalah Dzat yang Maha Tinggi,karena objek tassawuf adalah dzat  yang maha tinggi.Oleh karena itu ilmu yang membahas dzat yang maha tinggi secara mutlahk adalah  ilmu paling utama.Ilmu Tassawuf dibagian awal memberi petunjuk untuk takut kepada ALLOH, dibagian tengahnya memberikan petunjuk untuk bergaul dengan NYA. dan dibagian akhir memberi petunjuk untuk mengetahui NYA dan untuk mempergunakan seluruh waktu  untuk beribadah kepada NYA..

Syeikh ash –Shiqla r.a berkata :barang siapa membenarkan ilmu ini,maka dia tergolong orang orang pilihan, setiap orang yang memahaminya tergolong orang orang terpilih diantara orang pilihan, dan setiap orang yang berbicara dan berbincang tentang ilmu ini, adalah bintang yang tidak terlihat dalam lautan yang tidak terkuras airnya.

Jika engkau bertemu dengan orang yang dianugerahi sehingga membenarkan ilmu ini,maka gembirakanlah dia. Jika engkau bertemu dengan orang yang dianugerahi sehingga dia memahami ilmu Tassawuf ini irilah padanya. Jika engkau bertemu dengan orang yang dianugerahi berbicara ilmu Tassawuf, muliakanlah ia. Dan jika engkau melihat orang yang mengecam ilmu Tassawuf,maka jauhilah dan hindarilah dia, layaknya engkau lari menjauhi karena takut melihat singa.Tidak satu jenis ilmu  kecuali pada suatu waktu ilmu itu  tidak dibutuhkan , kecuali lmu Tassawuf. Selamanya tak ada seorangpun yang merasa tidak memerlukan lagi.

Menurut Imam AL Gozali, dari sisi syariat, hukum bertassawuf adalah fardlu ‘ain ( kewajiban individual ), karena setiap orang selain para nabi, pasti punya cacat atau penyakit.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s